Pengalaman Belajar React.js




Malam sobs-sobs sekalian semoga kalian dalam keadaan sehat walafiat dan masih diberi waktu luang untuk menyeruput kopi hitam,, mantabs.  oke pada kesempatan kali ini gua akan sedikit cerita lebih tepatnya sih curcol tentang pengalaman belajar React.js. 

awal mulanya gua kenalan sama si React ini karena tak sengaja membaca artikel disalah satu website, berawal dari ingin mencari tahu apa aja sih framework javascript maka selanjutnya google dengan algoritma mengarahkan gua ke topik pembahasan si eneng react ini. awal sempet males belajar framework atau library javascript jaman now tapi ya kondisi waktu itu sempet  mengharuskan belajar.

jadi awalnya gua disuruh buat website dimana ada beberapa element yang harus berubah-ubah, dan interface menyesuaikan jika si user melakukan beberapa interaksi atau event, nah disitu gua menggunakan vanila javascript atau pure javascript tanpa si abang-abangan dedengkot JQuery singkat cerita gua udah membuat seperti yang diharapkan tapi tapi tapi ada rasa tidak puas saat element-element tersebut menerima event, lah gimana bang ?

jadi misalnya hanya ada satu button yang menerima event mouseover atau bahasa css gaulnya hover maka gua ingin ada salah satu element image tampil. semua bisa dengan vanila javascript namun terlihat sekali bahwa seluruh element didalam window ikut dirender ulang dan itu terlihat jelas, oke sampai disitu gua ada rasa tidak puas ya kalo menurut gua aja sih kurang. setelah gua baca-baca memang seperti itu life cycle DOM  jika ada salah satu object element yang mengalami perubahan maka seluruh window akan dirender ulang. oke oke disitu gua mulai mencari solusi sampai akhirnya gua baca-baca dan ketemulah konsep Virtual DOM untuk sekiranya memenuhi rasa yang kurang bersyukur gua, dan react adalah salah satu library yang menerapkan konsep tersebut. 

*lah bang bukannya ada Vue.js juga atau yang lainnya yang menerapkan konsep Virtual DOM ?? 

ya memang iya si. cuman waktu itu dalam pencarian gua diarahkan ke si eneng React ini. mungkin kalo pertama kali diarahkan ke Vue mungkin gua belajar vue.

*lah pengalaman belajar gimana bang ?

Jangan ditanya yaa gua keblinger, karena gua hanya bermodalkan nekat dengan pengalaman javascript fundamental yang masih 30.7% merasa sangat kesulitan untuk belajar apalagi selama ini hanya berkecimpung didunia backend kalaupun bersentuhan dengan javascript atau JQuery ya intensitasnya tidak terlalu sering. berhubung bos mempunyai kuasa disuruh ini itu ya kita nurut, termasuk membuat interface web yang interaktif.

*Lah terus kenapa dilanjutin bang belajar reactnya ?

Ya karena penasaran aja. terus juga mendapat bisikan bisikan "kalo belajar react fundamentalnya bisa nyemplung ke mobile loh dengan react native" wahh makin semangat. tapi semuanya tidak semudah itu ferguso ada beberapa point yang awalnya membuat gua bingung yaitu :

- JSX

- React Lifecyle ( Component, State, Props )

- Istilah-istilah di React ( Render, Root element dll )

point-point tersebut membuat otak ngebul ditambah lagi direact ada dua macam penulisan yaitu Class Base dan Funtional Base (Hook) ya tambah ngebul lagi, mau tak mau gua harus memperdalam lagi javascript fundamental karena sama sekali blind (buta) OOP javascript, apa lagi javascript ini bahasa yang unik artinya bisa sama dan bisa beda dengan bahasa konsep OOP di bahasa pemrograman lainnya.

*kok bisa sama dan bisa beda bang dengan OOP dibahasa lainnya ?

oke karena javascript adalah bahasa pemrograman menerapkan apa yang disebut First Class Citizen.

*apa itu First Class Citizen banggg ?

Next dibahas ya.

*Terus sekarang abang jago dong React ?

Ya kalo dibilang jago engga lah. gua juga masih terus belajar ( INI KATA SOK BIJAK !! Jgn diikuti)

*Lalu nyesel engga belajar react ?

Ya Enggalah

*Hikmahnya apa bang belajar react ?

Banyak diantaranya gua pelan-pelan paham react itu sendiri dan fundamental javascript karena direact ini dalam cara kerjanya butuh minimal pengetahuan tentang fundamental javascript dan dom fundamental javascript.

*Teruss bang ?

Ahh nanya mulu keburu kopi abis ni,

*Oke bang ane diem, kalo mau closing postingan ini silahkan bang.


Ya mungkin itu aja pengalaman, sebenernya bukan pengalaman sih lebih ke curcol pengalaman yang penuh kekesalan. hehe see you again guys semoga kalian kalian tetep sehat walafiat guys. Bye


See you next time.

Posting Komentar untuk "Pengalaman Belajar React.js"