Yuk Mengenal Keyword dan Identifier di Python

keyword-dan-identifier-di-python


Yuk Mengenal Keyword dan Identifier di Python - Yoshhh sobs-sobs gimana Kabarnya ? semoga pada sehat selalu dan masih diberi kesehatan untuk menikmati secangkir kopi. hohoho pada kesempatan kali ini didalam pembelajaran Python Dasar kita akan menuju pembahasan Keyword dan Identifier di Python.

Bang Maksudnya apaa nih ??

Oke dari pada bingung langsung saja mulai pembahasannya.


Python Keyword

Sobs-sobs pernah mendengar kata keyword yap itu adalah kata dalam bahasa inggris dan jika diartikan di bahasa indonesia adalah kata kunci. dan didalam pembahasan ini keyword adalah sebuah kata yang sudah digunakan oleh python artinya kita tidak bisa menggunakan kata-kata tersebut untuk penamaan atau isi dari variabel dan penamaan sebuah fungsi.

didalam python sekiranya terdapat 30 lebih keyword dan bisa lebih kedepannya. adapun contohnya yaitu :


False

await

else

import

pass

 None

break 

except 

 in

raise 

 True

class 

finally 

is 

return 

 and

continue 

for 

lambda 

try 

 async

 elif

if 

or 

yield 

 assert

del 

global 

not 

with 

as 

def 

from 

nonlocal 

while 


intinya sobs-sobs jangan sesekali ya menggunakan penamaan sebuah variabel atau function dengan kata-kata atau keyword diatas jika masih ngeyel ya error.


Python Identifier

Ahhh sobs-sobs kalo mendengar kata identifier apa yang terbesit dibenak sobs-sobs sekalian, engga ada yang terbesit ya sama kalo gitu sobs-sobs. Hahaha
Oke langsung saja maksud sesi pembahasan, yang dimaksud dengan python identifier adalah penamaan untuk sebuah variabel, fungsi ataupun class jadi analoginya jika kita mempunyai hewan peliharaan tentu kita akan memberi nama untuk hewan peliharaan kita agar memudahkan kita untuk berinteraksi ataupun lainnya, sama halnya dengan python jika kita ingin membuat suatu fungsi atau variabel maupun class kita harus memberikan nama, nah dipython terdapat aturan untuk pemberian nama, yuk dilihat :

1. Penamaan untuk setiap variabel, fungsi ataupun class dapat menggunakan kombinasi huruf [a-z] kecil atau huruf [A-Z] besar ataupun angka serta symbol underscore _, umumnya dipython jika membuat variabel atau fungsi menggunakan style snake_case atau setiap kata dipisahkan dengan underscore _, contoh : nama_siswa , nilai_uas , daftar_mantan  dan lainnya. atau bisa juga menggunakan style camelCase yaitu setiap kata kecuali awal kalimat diawali dengan huruf kapital seperti: namaSiswa , nilaiUas , daftarMantan semua valid walaupun kebanyakaan programmer python menggunakan style snake_case, kembali lagi semua tergantung sobs-sobs sekalian.

2. Penamaan untuk setiap variabel, fungsi ataupun class tidak boleh diawali dengan angka, maka sobs-sobs jika ngeyel memberikan penamaan seperti : 4orang_mantan , 10daftar_makanan atau lainnya yang diawali dengan angka maka error , lebih baik diawali dengan huruf lalu diikuti dengan angka seperti ini valid contoh : mantan1 , mantan2. Selain itu karakter atau symbol yang boleh digunakan diawal hanya underscore, selain itu error no debat.

3. tidak boleh menggunakan keyword python untuk identifier atau penamaan.

itu saja yang perlu kita ketahuin sobs-sobs sekalian, jika masih kurang diartikel ini silahkan sobs-sobs mencari refrensi di dokumentasi python atau lainnya untuk menambah pengetahuan, berhubung kopi sudah habis gua akhiri dulu sobs-sobs, sekian.


See you next time.

Posting Komentar untuk "Yuk Mengenal Keyword dan Identifier di Python"