Anonymous function di Python

 

anonymous-function-di-php


Anonymous function di Python - Yosh sobs-sobs gimana kabar kalian ? semoga dalam keadaan sehat walafiat dan bisa menikmati indahnya embun pagi dan segelas cangkir kopi panas. oke pembahasan kali ini masih sekiran materi fundamental atau dasar dari si di dede gemezz (python) diharapkan  sobs-sobs sebelumnya membaca materi sebelumnya yaitu Fungsi di Python agar materi yang dibahas kali ini dapat kita semua pahami, okeee !!

sobs-sobs pernah mendengar kata anonymous, jika iya berarti pola hidup kita sehat sobs-sobs ... hehe jus't kidding . et tapi bukan kelompok hacker itu yaa.

Inti dari yang dimaksud anonymous function ini adalah kita bisa membuat sebuah fungsi tanpa nama.
lah gimana bang tanpa ??
iya tanpa nama sobs-sobs sekalian. 
lalu kenapa ada yang begituan bang ??
Ya jelas karena ada kebutuhan makannya ada sobs-sobs, intinya anonymous ini ada karena ada beberapa kasus yang dimana kita mengharuskan memasukan sebuah fungsi ke dalam suatu argument.

untuk membuat anonymous function ini kita menggunakan keyword lambda. ingat ya sobs-sobs lambda sebagai pengganti keyword def.

adapun syntaxnya seperti dibawah ini ya sobs-sobs :


# lambda tanpa argument
lambda : perintah


# lambda dengan argument
lambda arguments : perintah


sama seperti fungsi biasa lamda ini bisa tanpa argument atau dengan argument, untuk lebih jelasnya contoh dibawah sobs-sobs.


# ---------------- Tanpa Argument -----------------
# Contoh-1. lambda tanpa argument, satu perintah
sapa = lambda : print("hallo, apa kabar ?")

# eksekusi fungsi
sapa() # hallo, apa kabar ?


# Contoh-2. lambda tanpa argument, lebih dari satu perintah
tanya = lambda : print("semoga dalam keadaan sehat"); print("gimana kabar kamu ?")

# eksekusi fungsi
tanya()
# output
# gimana kabar kamu ?
# semoga dalam keadaan sehat

# ---------------- Dengan Argument ----------------
# Contoh-3. lambda tanpa argument, satu perintah
sapa = lambda nama_depan, nama_belakang : print(f"hallo, {nama_depan} {nama_belakang} ?")

# eksekusi fungsi
sapa("Dinda", "Kirana") # hallo, Dinda Kirana ?

contoh 1, 2 dan 3 kita membuat anonymous  function yang kita tampung ke dalam sebuah variabel maka variabel tersebut bukan merupakan variabel biasa melainkan sebuah fungsi. kita dapat menjalakannya dengan memanggil variabel tersebut diikuti tanda () sama seperti kita memanggil fungsi pada umumnya sobs-sobs.
untuk contoh ke - 2 kita bisa menambahkan beberapa perintah ke dalam anonymous function caranya dengan menggunakan tanda ; dan untuk contoh ke - 2 yang paling pertama dieksekusi adalah perintah yang paling belakang dilanjutkan sampai yang terdepan. namun perlu diingat sobs-sobs cara ini tidak direkomendasikan. karena jika kita memiliki banyak perintah direkomedasikan membuat fungsi biasa tidak dengan lambda function ini.
untuk contoh ke - 3 yaitu dengan argument, kita bisa membuat berapun argument yang kita mau di lambda ini, kebetulan dicontoh ke - 3 gua buat 2 buah argument yaitu nama_depan dan nama_belakang

oke ke pembahasan selanjutnya anonymous function ini sama seperti fungsi biasa yang mana mempunyai dua jenis yaitu yang mengembalikan nilai dan yang tidak mengembalikan nilai, contoh yang tidak mengembalikan nilai adalah seperti contoh yang diatas sobs-sobs.

dan contoh yang mempunyai nilai kembalian bisa lihat dibawah ini

# contoh - 1
nama_mantan_pertama = lambda : "Tania"
print(nama_mantan_pertama()) # Tania

# contoh - 2
pertambahan = lambda angka1, angka2 : angka1 + angka2
hasil = pertambahan(10, 1000)
print(hasil) # 1010

# contoh - 3
nama_lengkap = lambda nama_depan, nama_belakang : nama_depan + " " + nama_belakang
say_hello = "hello " + nama_lengkap("Kirana", "Larasati")
print(say_hello) # hello Kirana Larasati

perlu diperhatika ya sobs kita tidak perlu menggunakan keyword return supaya lambda function ini mempunyai nilai kembalian, kita cukup menuliskan value kembaliannya saja atau operasi yang menghasilkan sebuah value.

biasanya lambda ini digunakan sebagai parameter untuk fungsi lain, seperti contoh fungsi bawaan python filter(), map() dan lainnya. mungkin next kedepannya akan dibahas ya sobs-sobs.

Oke sekian dulu dari gua sobs, bila ada pertanyaan kurang jelas silahkan meninggalkan jejak di kolom komentar atau degan mencari refrensi ditempat lain. sebelum gua tutup tolong itu kopi disruput dulu, srrrttttt ahh



See you next time.

Posting Komentar untuk "Anonymous function di Python"