Mengenal algoritma sorting Buble Sort disertai dengan contoh codingan python

 

jenis-jenis-algoritma-sorting

Yosh sobs-sobs gimana keadaan kalian ? semoga dalam keadaan sehat walafiat, kalo sehat aktifitas apapun bisa kita lakukan seperti menangkap ikan lele dikolam tetangga, dan tentunya meyerutput kopi dengan penuh kenikmatan.

Oke pada kali ini kita akan membahas tentang algoritma, lebih spesifikasinya adalah algoritma sorting atau mekanisme pengurutan, sebenernya ini hanya tulisan gua himpun dari berbagai sumber sobs, kenapa gua buat tulisan ini adalah karena gua tiba-tiba teringat dengan masa kuliah gua dimana kalo terlintas masa lalu pada saat kuliah ntah kenapa mata kuliah algoritma dan pemrograman terbesit dalam benak gua, dan juga sebagai simpanan gua kalo suatu saat gua juga lupa. hehehe

Oke kita langsung saja beranjak ke pembahasan,

Buble Sort

Dahulu kala gua berpikir bahwa bahwa ini adalah sebuah gelembung karena ada kata buble, dan ternyata pemahaman ala kadarnya membuat gua semakin jauh dari kata paham, setelah mencari pemahaman kesana dan kemari, akhirnya gua dapat 1/4 memahami dari algoritma sorting ini.
Algoritma ini cukup sederhana yaitu dengan membandingkan diantara kedua nilai dengan menggunakan teknik perulangan, dimana nilai yang paling rendah akan ditukar diurutan paling depan setelah nilai yang terbesar. 

Oke gua yakin sobs-sobs belum begitu paham dengan penjelasan gua, sama seperti dulu pada saat gua kuliah dosen hanya menjelaskan secara teori tanpa adanya praktik untuk lebih mendapatkan pemahaman.

Oke kita breakdown dengan contoh bahasa pemrograman python, untuk kodenya seperti dibawah ini :

mylist = [2, 1, 6, 3]

for i in range(0, len(mylist)):
    for j in range(i+1, len(mylist)):
        if mylist[i] > mylist[j]:
            mylist[i], mylist[j] = mylist[j], mylist[i]

print(mylist)
# output
# [1, 2, 3, 6]

Oke contoh penjelasan diatas adalah :
- Pertama kita mendefinisikan sebuah list dengan empat element didalamnya yaitu 2, 1, 6, 3
- Kedua melakukan perulangan pertama, perulangan ini akan sebanyak jumlah elemen didalam suatu list atau array, perulangan pertama ini berfungsi sebagai komparsi untuk mendapatkan nilai pertama, dimana nilai i akan menjadi nilai index untuk list yang akan kita ambil valuenya sesuai dengan index i.
- Ketiga melakukan perulangan kedua, perulangan ini akan bergantung pada nilai perulangan pertama dimana perulangan ini akan dimulai dengan menambahkan 1 dengan nilai perulangan pertama (i), perulangan kedua ini berfungsi juga untuk komparasi, tapi dengan dengan nilai  yang selalu diatas satu tingkat nilai i, kenapa harus satu tingkat ? ya karena untuk melakukan perbandingan kita perlu dengan nilai index yang berbeda
- Keempat melakukan kondisional dimana jika nilai index i lebih besar dengan nilai index j, maka kita harus menukar posisinya, dengan
list[i] = list[j] dan list[j] = list[i]
dimana dipython proses swap atau memindahkan nilai variabel satu sama lain begitu mudah seperti contoh diatas sobs.

Kesimpulan dari algoritma sorting buble sort adalah penggunaan looping untuk digunakan sebagai perbandingan dalam melakukan sorting, kelebihan algoritma ini adalah simple karena mekanisme hanya dengan menggunakan perulangan dan perbandingan, dan tentunya kekurangan algoritma ini tidak cocok jika diterapkan dengam sample data yang banyak karena untuk butuh proses lama untuk melakukan perulangan jika data banyak.

Oke sekian sobs-sobs, jika sobs-sobs masih kurang memahami silahkan sobs-sobs mencari refrensi terkait algoritma ini.

See you next time.



 

Posting Komentar untuk "Mengenal algoritma sorting Buble Sort disertai dengan contoh codingan python"